KEGIATAN SURVEI PENILAIAN AKREDITASI KARS DI RS KASIH IBU SURAKARTA

Salam Sehat,

Setelah meraih akreditasi Paripurna pada tahun 2014, RS Kasih Ibu Surakarta melaksanakan kegiatan Survei Penilaian Reakreditasi RS oleh KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit) pada tanggal 23-25 Oktober 2017. Tim surveior dari KARS yang melakukan survey penilaian terdiri dari Dr. Nugroho Tjandra Wibisono, Sp.Rad, MM selaku ketua tim surveior yang juga bertugas sebagai surveior bidang medis, kemudian Ibu Sulikah, S.Kep, M.Kes sebagai surveior bidang keperawatan serta Drg. Triputro Nugraha, M.Kes sebagai surveior bidang manajemen.

Kegiatan hari pertama ini dibuka dengan sambutan dari Direktur RS Kasih Ibu Surakarta yaitu Dr. Ndarumurti Pangesti, Sp.PD-KEMD, yang dilanjutkan dengan penjelasan pelaksanaan survei akreditasi oleh ketua tim survei yakni Dr. Nugroho Tjandra Wibisono, Sp.Rad, M.M. Kemudian dilanjutkan dengan presentasi tentang Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien serta Program MDGs (Millenium Development Goals) RS oleh Direktur RS Kasih Ibu. Dalam acara tersebut dihadiri oleh 32 tamu yang merupakan ketua dan wakil masing-masing Pokja Akreditasi RS Kasih Ibu Surakarta. Pada pukul 10.00 wib dilaksanakan telusur dokumen dan telaah medis tertutup yang berlangsung hinggal pukul 14.00 wib. kemudian dilanjtkan dengan telusur lapangan.

Kegiatan hari kedua berisi paparan dari Tim Surveior atas hasil survei pada hari pertama, kemudian dilanjutkan dengan presentasi tentang Pedoman Praktek Kinis/Clinical Pathway dan Audit Medis oleh dr M.N Ardi Santoso Sp.A, M.Kes selaku Manajer Pelayanan Medis dan presentasi terkait Program Peningakatan Mutu dan Keselamatan Pasien oleh dr Anetta selaku Ketua Komite Mutu RS Kasih Ibu Surakarta. Setelah presentasi selesai pukul 10.00 wib, Tim Surveior melakukan survei langsung di lapangan.

Kegiatan pada hari ketiga diawali dengan klarifikasi dan masukan kepada Direktur RS Kasih Ibu Surakarta, wawancara pimpinan dan telusur Kualifikasi dan Pendidikan Staff (KPS) RS Kasih Ibu Surakarta, kemudian kegiatan diakhiri dengan Exit Conference dari Tim Surveior KARS lalu dilanjutkan dengan acara penutupan oleh Direktur RS Kasih Ibu Surakarta Dr. Ndarumurti Pangesti, SpPD-KEMD.

Semoga dengan kegiatan akreditasi ini RS Kasih Ibu Surakarta dapat selalu menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan di RS Kasih Ibu Surakarta. Sesuai dengan visi RS Kasih Ibu Surakarta yaitu “Senantiasa berdedikasi mengutamakan keselamatan pasien dengan memberikan pelayanan kesehatan secara profesional dan bermutu tinggi”.