3 CARA MAKAN “TEPAT” MENU HARI RAYA

Salam Sehat,

Makan seimbang kadang kala menjadi tantangan sendiri di momen hari raya. Makanan yang tersedia cenderung kurang baik bagi kesehatan. Tapi, bukan berarti Anda harus menghindari santapan khas Lebaran, yang perlu Anda lakukan adalah memilih dengan “3 Tepat”, yaitu:

1. Tepat jadwal

Makanlah sesuai jadwal makan seperti di hari-hari lain. Makan besar tetap 3x sehari (sarapan, makan siang, makan malam) dan boleh diselingi snack 2x yaitu di jam 11 dan 5 sore. Ada baiknya snack yang dimakan mengandung serat tinggi misalnya buah-buahan dan sayuran.

Fungsi makanan snack alias camilan adalah untuk mengondisikan perut dalam keadaan yang tidak terlalu kosong. Hal ini mencegah makan dalam porsi banyak pada saat jadwal makan besar. Tidak lupa pula, jangan biasakan selalu makan di setiap rumah, bila berkunjung untuk silaturahmi. Berkomitmenlah untuk mematuhi, maka Anda bisa merayakan Lebaran dengan sehat dan aman.

2. Tepat jumlah

Jumlah makanan yang kita makan juga perlu kita perhitungkan. Jumlah makanan yang direkomendasikan oleh para ahli gizi adalah sebagi berikut :

    • Karbohidrat : 45% – 60% dari total kalori harian
    • Lemak : 20% – 25% dari total kalori harian
    • Protein : 10% – 20% dari total kalori harian
    • Serat : > 25 gram/ hari
    • Garam : maksimal 3.000 gram

Bila Anda kesulitan untuk menghitung dengan cara di atas, cara mengatasinya mudah. Cukup ambil makanan yang bervariasi dengan komposisi seimbang dan menggunakan piring kecil. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah Anda makan dalam porsi besar. Lebih baik, makan porsi sedikit dan sering dibandingkan makan dalam porsi besar dalam satu waktu.

Semoga bermanfaat

Sumber : Hello Sehat