Layanan Bedah Katarak Tanpa Jahitan (Fakoemulsifikasi) & Bedah Retina

Layanan Bedah Katarak Tanpa Jahitan (Fakoemulsifikasi) & Bedah Retina

FEKOEMULSIFIKASI

Penanganan dini pada katarak sangatlah diperlukan mengingat Indonesia merupakan negara yang berkembang sehingga diperlukan produktifitas dari masyarakat. Teknik yang kebanyakan digunakan masih merupakan teknik konvensional atau sering dikenal dengan ECCE / EKEK (Ektraksi Katarak Ekstra Kapsuler), dengan keunggulan biaya operasional yang terjangkau, serta penggunaan bahan habis pakai yang tidak terlalu mahal. Teknik baru yang digunakan untuk operasi katarak saat ini yaitu Fakoemulsifikasi atau dikenal dengan istilah operasi katarak tanpa jahitan. Operasi yang hanya menggunakan incisi 2,75 mm bahkan saat ini telah dikembangkan hingga hanya 1,2 mm merupakan suatu bentuk kemajuan dalam penanganan katarak. Lensa mata dipecah menjadi beberapa bagian kemudian dihisap untuk selanjutnya dilakukan pemasangan lensa tanam lipat. Keuntungan operasi katarak menggunakan metode ini adalah waktu pemulihan yang cepat, dan hanya diperlukan anestesi topikal dalam pengerjaannya sehingga lebih disukai pasien serta tindakan dapat dilakukan rawat jalan.

 

BEDAH RETINA DAN VITREOUS

Retina adalah suatu lapisan saraf di mata bagian belakang, berfungsi mengubah cahaya yang masuk ke mata menjadi sinyal listrik yang selanjutnya diterjemahkan otak untuk diubah menjadi bentuk gambar yang kita lihat sehari-hari. Kelainan Pembuluh Darah Retina merujuk pada beragam penyakit mata yang berpengaruh pada pembuluh darah di mata. Kondisi ini terhubung dengan penyakit pembuluh darah yang ada, seperti tekanan darah tinggi, diabetes mellitus dan arterosklerosis (penebalan dinding arteri). Tekanan darah tinggi (hipertensi) dan diabetes menyebabkan pembuluh darah mata menyempit, bocor dan mengeras seiring waktu karena tekanan darah yang berlebihan dan dapat mempengaruhi dinding pembuluh darah. Pada beberapa kasus, ini dapat menyebabkan gangguan saraf optik dan mengakibatkan masalah penglihatan.

Klinik Mata Retina RS. Kasih Ibu Surakarta memiliki peralatan diagnostik yang canggih untuk mendiagnosis dan menangani penyakit retina seperti Age Related Macula Degeneration (degenerasi makula yang berhubungan dengan usia), Polypoidal Choroidal Vasculopathy (degenerasi makula yang menyebabkan perdarahan dalam bola mata), Central Serous Chorioretinopathy (membengkaknya bagian tengah makula akibat kebocoran pembuluh darah retina), Retinopati Diabetika, Diabetika Makular Edema (pembengkakan makula yang diakibatkan penyakit diabetes) dan ablasio retina. Selain itu, tersedia pula tindakan medis (laser dan injeksi intravitreal) dan pembedahan yang ditangani oleh Dokter Subspesialis Retina.