Layanan Kuku & Kaki Diabetik

Layanan Kuku & Kaki Diabetik

Pelayanan klinik kuku dan kaki diabetik dikembangkan di RS Kasih Ibu Surakarta seiring dengan meningkatnya jumlah kasus diabetes mellitus (DM). Salah satu komplikasi yang sering terjadi pada diabetes mellitus adalah masalah kaki misalnya luka pada kaki yang tidak kunjung sembuhinfeksi bakteri atau jamur, dan yang paling parah adalahpembusukan jaringan sehingga perlu dilakukan tindakan amputasi. Masalah pada kaki penderita DM dapat terjadi karena aliran darah yang buruk. Hal ini akibat dari kerusakan pembuluh darah karena kadar gula darah yang tinggi dalam waktu lama. Aliran darah yang terganggu menyebabkan kaki tidak mendapatkan nutrisi yang cukup, sehingga kulit kaki menjadi lemah, mudah luka dan jika terjadi luka sukar disembuhkan. Selain itu munculnya neuropati atau kerusakan saraf menyebabkan kepekaan seorang pasien diabetes terhadap rasa nyeri menjadi berkurang, sehingga pasien tidak sadar saat kakinya terluka.

Rumah Sakit Kasih Ibu Surakarta mengembangkan pelayanan perawatan kuku dan kaki diabetik yang lengkap untuk mengatasi permasalahan pada kaki diabetik yang terdiri dari :

  • Layanan perawatan pre ulkus yaitu layanan untuk perawatan kuku dan kaki agar terhindar dari komplikasi seperti foot spa, pemijatan untuk memperbaiki aliran darah, pemotongan kuku dengan alat LUNA, dan rangkaian pencegahan lainnya seperti deteksi penyakit pada pembuluh darah di kaki dengan menggunakan alat Ankle Brachial Pressure Index (ABI) yang berfungsi untuk mengukur aliran darah ke kaki dan perawatan varises pada kaki dengan menggunakan alat Veinoplus® / Veinoplus® arterial.

Perawatan Pre Ulkus

  • Untuk perawatan kaki dengan ulkus Diabetik tersedia layanan untuk perawatan ulkus diabetik yang didukung oleh tim multidisiplin, yang terdiri dari Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Endokrin Metabolik Diabetes, Dokter Spesialis Bedah Orthopedi, Dokter Spesialis Gizi Klinik, Dokter Spesialis Kedokteran Fisisk dan Rehabilitasi dan didukung oleh perawat kaki dan edukator yang terlatih. Layanan perawatan ulkus ini dilakukan dengan metode penggunaan modern dressing, selain tersedia juga laser dan ozon untuk mempercepat penyembuhan luka sesuai kondisi dan kebutuhan pasien serta diupayakan pada kondisi yang seoptimal mungkin agar pasien dapat kembali menjalankan aktivitasnya sehari-hari.

Perawatan kaki Diabetik