MUTU PELAYANAN DAN KESELAMATAN PASIEN

MUTU PELAYANAN DAN KESELAMATAN PASIEN

KESELAMATAN PASIEN RUMAH SAKIT

Keselamatan (safety) telah menjadi isu global termasuk juga untuk rumah sakit. Pelayanan kesehatan pada dasarnya adalah untuk menyelamatkan pasien. Namun diakui dengan semakin berkembangnya ilmu dan teknologi pelayanan kesehatan khususnya di rumah sakit menjadi semakin kompleks dan berpotensi terjadinya Kejadian Tidak Diharapkan – KTD (Adverse Event) apabila tidak dilakukan dengan hati-hati.
Kasih Ibu Surakarta berkomitmen untuk menjalankan program Keselamatan Pasien dengan memperhatikan Enam Sasaran Keselamatan Pasien sesuai dengan International Patient Safety Goals yaitu :

  1. Ketepatan identifikasi pasien.
  2. Peningkatan Komunikasi yang efektif.
  3. Peningkatan keamanan obat yang perlu diwaspadai (high-alert)
  4. Kepastian tepat-lokasi, tepat-prosedur, tepat-pasien operasi
  5. Pengurangan risiko infeksi terkait pelayanan kesehatan
  6. Pengurangan risiko pasien jatuh

 

KEBIJAKAN MUTU RUMAH SAKIT

Kasih Ibu Surakarta dalam upaya mewujudkan visi rumah sakit yaitu menjadi Rumah Sakit Unggulan dan Terpercaya di Surakarta dan Sekitarnya, maka :

“Managemen dan seluruh staf RS. Kasih Ibu Surakarta akan selalu menjamin terpenuhinya kepuasan pelanggan rumah sakit dengan memberikan pelayanan medis secara cepat, profesional dan bermutu tinggi dengan ditunjang sarana dan prasarana medis yang lengkap sesuai dengan kemampuan rumah sakit."

UPAYA PENINGKATAN MUTU RUMAH SAKIT

Upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan dapat diartikan keseluruhan upaya dan kegiatan secara komprehensif dan integratif memantau dan menilai mutu pelayanan RS. Kasih Ibu Surakarta, memecahkan masalah-masalah yang ada dan mencari jalan keluarnya, sehingga mutu pelayanan RS. Kasih Ibu Surakarta akan menjadi lebih baik.

Di RS. Kasih Ibu Surakarta, tujuan upaya peningkatan mutu pelayanan adalah meningkatkan pelayanan kesehatan melalui upaya peningkatan mutu pelayanan RS. Kasih Ibu Surakarta secara efektif dan efisien agar tercapai derajat kesehatan yang optimal.

Rumah Sakit Kasih Ibu Surakarta telah menetapkan beberapa Indikator Mutu Rumah Sakit sebagai tolok ukur dalam upaya peningkatan mutu pelayanan. Evaluasi hasil pencapaian indikator mutu RS. Kasih Ibu Surakarta dilakukan secara berkala dan upaya perbaikan dilakukan menggunakan siklus PDCA apabila ada indikator mutu yang belum mencapai target yang telah ditetapkan.

 

HASIL PENCAPAIAN INDIKATOR MUTU

PERIODE JANUARI - JUNI 2018

mutu 2018
HASIL SURVEI KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP SEMESTER I (PERIODE JANUARI – JUNI 2018) :
  • DOKTER : tanggapan pasien dan keluarga pasien terhadap kinerja pelayanan dokter di rawat inap adalah PUAS dengan tingkat kepuasan rata-rata sebesar 99,86 %.
  • KEPERAWATAN (PERAWAT DAN BIDAN ) : tanggapan pasien dan keluarga pasien terhadap kinerja pelayanan keperawatan di rawat inap adalah PUAS dengan tingkat kepuasan rata-rata sebesar 99,25 %.
  • GIZI : tanggapan pasien dan keluarga pasien terhadap kinerja pelayanan gizi di rawat inap adalah PUAS dengan tingkat kepuasan rata-rata sebesar 99,33 %.
  • KEAMANAN : tanggapan pasien dan keluarga pasien terhadap kinerja pelayanan keamanan di rawat inap adalah PUAS dengan tingkat kepuasan rata-rata sebesar 99,15%.
  • KEBERSIHAN : tanggapan pasien dan keluarga pasien terhadap kinerja pelayanan kebersihan di rawat inap adalah PUAS dengan tingkat kepuasan rata-rata sebesar 98,90%.

Grafik pencapaian indikator mutu RS. Kasih Ibu Surakarta

Waktu Tanggap Pelayanan Dokter di Gawat Darurat ≤ 5 Menit Dilayani Setelah Pasien Datang

Keterangan :

  • Pencapaian indikator mutu di bulan Januari – Juni 2018 hampir mencapai target yang ditetapkan yaitu sebesar 100 %. Hal ini menunjukkan petugas gawat darurat RS. Kasih Ibu Surakarta selalu siaga dan siap untuk melayani pasien dengan kasus-kasus gawat darurat.

Kejadian infeksi luka operasi (ILO)

Keterangan :

  • Pencapaian indikator mutu di bulan Januari – Juni 2018 sudah mencapai target yang ditetapkan yaitu sebesar ≤ 1,5 %. Hal ini menunjukkan bahwa infeksi luka operasi minimal di RS. Kasih Ibu Surakarta.

Kejadian Reaksi Transfusi Darah Karena Inkompatibilitas

Keterangan :

  • Pencapaian indikator mutu di bulan Januari – Juni 2018 sudah mencapai target yang ditetapkan yaitu sebesar ≤ 0,01%. Hal ini menunjukkan di RS. Kasih ibu Surakarta tidak ada kejadian reaksi transfusi darah yang disebabkan karena inkompatibilitas.

Tidak Adanya Kejadian Tertukar Spesimen Pemeriksaan Laboratorium

Keterangan :

  • Pencapaian indikator mutu di bulan Januari – Juni 2018 sudah mencapai target yang ditetapkan yaitu sebesar 100 %. Hal ini menunjukkan tidak adanya kejadian tertukar spesimen pemeriksaan laboratorium di RS. Kasih Ibu Surakarta.

Angka Kejadian Pasien Jatuh

Keterangan :

  • Pencapaian indikator mutu di bulan Januari - Juni 2018 sudah mencapai target yang ditetapkan yaitu 0 kejadian. Hal ini menunjukkan selama bulan Januari – Juni 2018 di RS. Kasih Ibu Surakarta tidak ada kejadian pasien jatuh.

Kepuasan Pasien di IGD dan Instalasi Rawat Inap

 

Keterangan :

  • Pencapaian indikator mutu di bulan Januari - Juni 2018 sudah mencapai target yang ditetapkan yaitu sebesar ≥ 80%. Hal ini menunjukkan banyak masyarakat yang puas terhadap pelayanan di IGD dan Instalasi Rawat Inap RS. Kasih Ibu Surakarta.

Dari data mutu di atas, hasil pencapaian indikator mutu RS. Kasih Ibu Surakarta bulan Januari - Juni tahun 2018 telah mencapai target yang ditetapkan. Data indikator mutu dari bulan Januari – Juni 2018 menunjukkan hasil pencapaian yang stabil. Komite Mutu dan Keselamatan Pasien RS. Kasih Ibu Surakarta telah melakukan pengawasan pelaksanaan program upaya peningkatan mutu dan keselamatan pasien secara terus-menerus agar hasil yang telah dicapai dapat terus dipertahankan.