PENUNJANG MEDIS

PENUNJANG MEDIS

1. Instalasi Laboratorium :

Pelayanan laboratorium didukung oleh tenaga-tenaga ahli yang kompeten, yaitu 2 orang Dokter Spesialis Patologi Klinik, 2 orang Dokter Spesialis Patologi Anatomi, 1 orang Dokter Spesialis Mikrobiologi Klinik, dan 20 orang Analis Laboratorium.

 

Pelayanan Instalasi Laboratorium meliputi:

1. Pelayanan pemeriksaan Laboratorium Patologi Klinik, Mikrobiologi dan Patologi Anatomi yang ditunjang dengan berbagai peralatan canggih untuk mendukung pemeriksaan meliputi :

  • Analyser XS 800, XN 1000, dan CA 50 untuk pemeriksaan Hematologi.
  • Microlab 300 dan Cobas C311 untuk pemeriksaan Kimia Klinik.
  • Cobas E 411 dan Minividas untuk pemeriksaan Imunoserologis.
  • Nova pHox plus C dan Opti CCA untuk analisa gas darah dan elektrolit.
  • Miditron Yunior II untuk urinalisa.
  • Electa Lab untuk pemeriksaan Laju Endap Darah (LED).
  • Tissue Processor, Microtome, dan Hot Plate untuk pemeriksaan patologi anatomi.
  • Biosafety Cabinet dan GeneXpert untuk pemeriksaan Mikrobiogi.
  • Mikroskop binokuler dan lain-lain.

2. Pelayanan Pengantaran dengan Pneumatic Tube

Alat Pneumatic tube berfungsi mengantarkan sampel pemeriksaan laboratorium dan hasil laboratorium dari instalasi laboratorium ke setiap bangsal perawatan pasien. Dengan sistem ini, pengantaran sampel dan hasil pemeriksaan menjadi lebih cepat dan efisien karena menggunakan jalur khusus dengan sistem pendorong udara.

3. Bone Marrow Puncture (BMP)

Bone Marrow Puncture (BMP) merupakan pemeriksaan sumsum tulang belakang oleh Dokter Spesialis Patologi Klinik dengan pengambilan  sampel dari sumsum tulang belakang pasien. Pemeriksaan ini digunakan untuk membantu menegakkan diagnosis penyakit, menentukan tahap dan evaluasi pengobatan pada penyakit yang  berkaitan dengan pembentukan komponen sel darah (misalnya kanker darah atau leukemia, multiple myeloma, dan kelainan lymphoproliferatif dan myeloproliferatif yang lain), juga yang berkaitan dengan penyakit lain di luar komponen darah (misalnya pasien AIDS, adanya mikroorganisme pada sumsum tulang seperti tuberkulosis, Mycobacterium Avium Intracellulare, Histoplasmosis, Leishmaniasis dan infeksi jamur yang lain), dan untuk penilaian penyebaran kanker

4. Tes Cepat Molekuler (TCM) Menggunakan GeneXpert

Rumah Sakit Kasih Ibu Surakarta mendapat kepercayaan dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah untuk menjadi pusat rujukan pemeriksaan tuberkulosis (TB) dan Multidrug Resistant Tuberculosis (TB-MDR) menggunakan alat GeneXpert. Pemeriksaan ini merupakan tes cepat molekuler untuk mendeteksi adanya kuman tuberkulosis dan kepekaannya terhadap pengobatan yang ada. Pemeriksan ini lebih cepat, tepat, dan akurat dibandingkan dengan pemeriksaan dengan pewarnaan bakteri tahan asam (BTA).

 

2. Instalasi Radiologi :

Instalasi Radiologi Rumah Sakit Kasih Ibu Surakarta telah dilengkapi dengan peralatan penunjang medis yang modern dan canggih dari radiologi konvensional sampai dengan radiologi intervensi yang tersedia 24 jam dari senin sampai minggu. Pelayanan Instalasi Radiologi RS Kasih Ibu Surakarta meliputi :

  • Trans Thoracal Biopsi dengan Marking CT-Scan Guiding

Bekerja sama dengan Dokter Spesialis Paru, Instalasi Radiologi dapat melakukan Trans Thoracal Biopsi dengan menggunakan Marking CT-Scan Guiding. Tujuan dari prosedur ini untuk memberi panduan lokasi yang tepat untuk dilakukan biopsi (pengambilan jaringan atau cairan) sehingga membantu dokter dalam menegakkan diagnosis penyakit.

  • MRI (Magnetic Resonance Imaging)

MRI merupakan suatu alat diagnostik mutakhir untuk menampilkan gambar struktur dan organ dalam tubuh anda dengan memanfaatkan medan magnet dan gelombang frekuensi radio. Gambar yang dihasilkan oleh alat ini lebih jelas serta dapat dilihat dari berbagai sisi tanpa melibatkan penggunaan radiasi, memberikan hasil tanpa perlu mereposisi pasien. MRI kami dilengkapi dengan kemampuan untuk menilai organ tertentu secara cinatomic dan patologi untuk menilai distribusi darah di otak (perfusion imaging)

  • Echocardiography

Ekokardiografi merupakan prosedur diagnostik yang menggunakan gelombang suara ultra untuk menilai kondisi jantung seperti mengetahui adanya penyakit jantung bawaan, kekuatan kontraksi otot-otot jantung, kelainan katup, keadaan pembuluh darah koroner, peradangan pada jantung dan mencari komplikasi pada jantung dari penyakit lainnya.

  • Panoramic

Foto  radiografi panoramic adalah gambaran tomografi yang memperlihatkan struktur fasial mencakup rahang atas dan rahang bawah beserta gambaran seluruh jaringan gigi sehingga membantu dalam mendiagnosis kelainan seperti lesi pada tulang rahang, melihat kondisi gigi sebelum dilakukan rencana pembedahan, rencana perawatan orthodonti, mengetahui ada atau tidaknya fraktur pada seluruh bagian rahang dan kelainan lainnya.

  • CT Scan Multislice

RS Kasih Ibu Surakarta telah dilengkapi dengan fasilitas CT Scan Multislice. CT Scan merupakan alat X-Ray yang dikombinasikan dengan komputer yang dapat digunakan untuk mendiagnosis beragam kondisi kesehatan seperti mendiagnosis kelainan pada otot dan tulang, menentukan lokasi tumor atau bekuan darah dan mendeteksi cedera atau pendarahan internal.

  • USG 3 dimensi / 4 dimensi / USG Dopler

RS Kasih Ibu Surakarta telah melengkapi layanan radiologi dengan Ultrasonografi (USG) 3D dan 4D. Ultrasonografi (USG) 4D adalah suatu peralatan radiodiagnostik menggunakan bunyi frekuensi tinggi yang  mampu menampilkan gambar dengan kualitas tinggi dengan tampilan 4 dimensi yang bergerak layaknya suatu video. RS Kasih Ibu Surakarta juga telah menambah unit USG Vaskuler doppler yang ditujukan untuk mengukur aliran darah di dalam pembuluh darah secara efektif dan akurat sehingga dapat mendeteksi kelainan pada aliran darah dan mendeteksi keberadaan darah yang menggumpal dan sirkulasi darah yang tidak lancar

  • Foto X-Ray Kontras, Non Kontras Serta Mobile X-Ray

Pemeriksaan foto X-Ray non kontras merupakan pemeriksaan sederhana menggunakan sinar x, sedangkan pemeriksaan X-Ray dengan media kontras merupakan pemeriksaan dengan sinar x disertai penggunaan obat kontras sehingga mempertajam diagnosis. RS Kasih Ibu juga telah dilengkapi dengan Mobile X-Ray untuk pemeriksaan rontgent di IGD dan ICU, sehingga pasien IGD dan ICU tidak perlu dibawa ke unit radiologi untuk melakukan pemeriksaan foto X-Ray.

  • C-Arm

Merupakan alat radiologi yang digunakan untuk menunjang proses pelayanan medis pada penanganan penyakit organ dalam, tulang, dan tindakan operasi sehingga proses operasi dan tindakan medis yang dilakukan dapat berjalan dengan mudah, akurat, aman, dan nyaman.

  • Mammography

Mammografi merupakan pemeriksaan radiologi dengan sinar X-Ray dosis rendah untuk jaringan payudara yang berfungsi untuk deteksi secara dini kelainan-kelainan yang terdapat pada payudara.

3. Instalasi Farmasi :

Sesuai dengan Permenkes No. 58 tahun 2014 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit bahwa pelayanan farmasi rumah sakit adalah bagian yang tidak terpisahkan dari sistem pelayanan kesehatan rumah sakit yang utuh dan berorientasi kepada pelayanan pasien, penyediaan obat yang bermutu, termasuk pelayanan farmasi klinik yang terjangkau bagi semua lapisan masyarakat.

Farmasi rumah sakit bertanggung jawab terhadap semua sediaan farmasi yang beredar di rumah sakit tersebut. Pelayanan Farmasi didukung oleh 11 orang Apoteker, 43 orang Teknis Kefarmasian, dan 5 orang administrasi.

  • Rawat inap  /Rawat jalan
  • Farmasi Klinis di Rawat Inap
  • Pelayanan Informasi Obat (PIO)
  • Elektrolit Konsentrat Admixture (untuk KCl)

  • Rekonstitusi Obat Kemoterapi

Persiapan obat sitostatika untuk menunjang pelayanan kemoterapi Rumah Sakit, didukung dengan Biosafety Cabinet (BSC), Ruang Vincristin dan tenaga farmasi yang profesional.

  • Resep Elektronik (e-resep)

Merupakan penulisan resep menggunakan aplikasi program komputer yang terhubung antara Rawat Jalan dan Apotek sehingga pelayanan resep bisa lebih tepat, cepat, efektif, dan efisien, serta mengurangi resiko kesalahan pembacaan tulisan tangan resep, mengurangi penggunaan kertas, dan terhubung dengan rekam medik elektronik.

  • Pengantaran Resep dan Obat dengan Pneumatic Tube

Pengantaran resep dan obat dari apotek ke bangsal rawat inap dengan tabung dalam jalur khusus yang  menggunakan sistem peniup udara sehingga lebih efektif, efisien, dan bisa lebih cepat sampai tujuan

4. Instalasi Gizi :

Instalasi Gizi RS Kasih Ibu Surakarta telah melakukan pelayanan gizi dan didukung dengan peralatan penyimpanan bahan makanan dan pengolahan makanan yang canggih meliputi Cool Room (untuk penyimpanan sayuran), Frezeer (untuk daging, ikan dan makanan beku), Show Case (penyimpanan buah dan puding) serta Rice Cooker Digital (untuk mengolah nasi dalam jumlah besar dengan praktis dan cepat). Pelayanan Instalasi Gizi meliputi :

  • Pelayanan Gizi Rawat Jalan
  1. Pelayanan konsultasi gizi dengan Dokter Spesialis Gizi Klinik dan Dietisien yang kompeten.
  2. Katering diet dengan berbagai menu sesuai dengan kebutuhan pelanggan yang dapat diantar ke rumah atau instansi yang bekerja sama dengan RS Kasih Ibu Surakarta di kawasan dalam kota Surakarta.

  • Pelayanan Gizi Rawat Inap

Pelayanan gizi rawat inap meliputi pelayanan asuhan gizi, konsultasi, dan edukasi gizi pasien rawat inap oleh Dokter Spesialis Gizi Klinik dan Ahli Gizi untuk mendukung proses penyembuhan pasien.

Penyediaan makanan yang sehat, higienis, variatif, dan sesuai dengan kondisi pasien dengan berbagai kebutuhan. Pelayanan ini rata-rata mampu menyediakan menu makanan untuk 12.000 lebih porsi per bulan.

  • Poli Spesialis Gizi Klinis

Pelayanan konsultasi gizi dengan Dokter Spesialis Gizi Klinik dan Dietisien yang kompeten.

  • Penyuluhan Gizi Masyarakat

Instalasi gizi secara rutin melakukan penyuluhan gizi dengan pemberian materi gizi, tips diet, dan demo masak sebagai upaya promotif gizi dan kesehatan kepada masyarakat.

5. Instalasi Rehabilitasi Medik :

Instalasi Rehabilitasi Medik memberikan pelayanan bagi pasien rawat jalan dan rawat inap yang didukung oleh tenaga yang kompeten, yaitu 2 orang Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, 7 orang Fisioterapis, 2 orang Okupasi Terapis, dan 1 orang Terapis Wicara. Jam pelayanan dari hari Senin sampai dengan Sabtu dengan 2 shift. Pelayanan rehabilitasi medik di RS Kasih Ibu Surakarta meliputi :

  1. Pelayanan fisioterapi meliputi Diathermy, Stimulasi Listrik, Ultrasound, Infrared, Cold Pack, Parafin Bath, Terapi Latihan, General Exercise, Postural Drainage, Massage Lokal, EN Tree, Static Bicycle, dan Tilting Table. Pelayanan Fisioterapi per bulan mencapai 1700 pasien.
  2. Pelayanan Okupasi terapi meliputi Asesmen Okupasi Terapi, ADL, Sensori Integrasi, dan Analisa Intervensi, Persepsi, Kognitif, dan Psikomotor. Pelayanan ini melayani rata-rata 270 pasien per bulan.
  3. Pelayanan Terapi Wicara, meliputi Asesmen Terapi Wicara, Fungsi Bicara, Fungsi Bahasa, Fungsi Menelan, Fungsi Irama, dan Fungsi Suara. Pelayanan ini melayani 200 pasien per bulan.
  4. Pelayanan lain yaitu senam hamil dan senam stroke yang rutin diadakan setiap dua kali seminggu.

6. Unit Bank Darah

Bank Darah Rumah Sakit (BDRS) Kasih Ibu Surakarta terpisah dari instalasi Laboratorium dan berdiri sebagai unit tersendiri sejak tahun 2011 sebagai persyaratan Rumah Sakit Tipe B. Unit Bank Darah RS Kasih Ibu Surakarta merupakan suatu unit yang bertanggung jawab terhadap pelayanan transfusi darah di Rumah Sakit dan melakukan pemeriksaan uji silang serasi sebelum darah diberikan kepada pasien. Unit Bank Darah RS Kasih Ibu Surakarta selalu berupaya untuk memiliki persediaan darah yang cukup dan aman. Persediaan darah di Unit Bank Darah RS Kasih Ibu berasal dari Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD PMI) Kota Surakarta.

Pelayanan BDRS didukung oleh 1 orang dokter umum dan 5 orang analis yang telah bersertifikat BDRS dari PMI. Peralatan yang terdapat di BDRS Kasih Ibu yaitu 1 unit Blood Refrigerator, 1 unit Centrifuge Dia Cent, 1 unit ID – Incubator, dan 1 unit ID - Centrifuge. Unit BDRS telah melayani lebih dari 200 pasien per bulan.