Poliklinik Spesialis

Spesialis Bedah Umum

Bedah umum adalah disiplin medis yang melibatkan berbagai jenis tindakan bedah untuk mengobati berbagai masalah kesehatan dan penyakit. Dalam bedah umum, ahli bedah mampu melakukan perawatan pra operasi maupun pasca operasi, dan manajemennya, selain tindakan bedah itu sendiri.

 

Spesialis Orthopedi dan Traumatologi

Spesialis Orthopedi dan Traumatologi berfokus pada penanganan pasien yang mengalami cedera pada tulang dan sendi, sehingga pasien dapat kembali beraktivitas normal.

Spesialis Bedah Urologi

Spesialis Bedah Urologi merupakan dokter  yang berfokus dalam menangani kelainan pada saluran kemih dan genital pada laki-laki, serta saluran kemih wanita.

Spesialis Kebidanan dan Kandungan

Ilmu Kebidanan dan Ginekologi adalah cabang ilmu kedokteran yang berfokus pada perawatan sistem reproduksi wanita. Tugas utama seorang ahli kandungan adalah melakukan pengawasan dan penanganan pada masa kehamilan, selain itu, ahli kandungan juga bertanggung jawab untuk mengawal proses melahirkan dan masa nifas.

Seorang ginekolog juga berhubungan dengan kesehatan sistem reproduksi wanita secara umum; pemeriksaan, perawatan, pengelolaan komplikasi kebidanan, dan tindakan yang melibatkan komponen pembedahan

Spesialis Penyakit Dalam

Penyakit Dalam atau biasa disebut juga dengan "Internis" adalah spesialisasi medis yang berhubungan dengan berbagai penyakit dan masalah kesehatan yang memengaruhi organ-organ bagian dalam orang dewasa.

Spesialis Jantung

Dokter Spesialis Jantung merupakan dokter yang memusatkan perhatian di bidang kardiologi dan bertanggung jawab akan penanganan kesehatan dari beragam penyakit di sistem kardiovaskular, yaitu jantung dan pembuluh darah.

Spesialis Anak

Dokter Spesialis Anak adalah dokter yang berkonsentrasi pada pencegahan, diagnosis, pengobatan dan penanganan seluruh jenis penyakit pada pasien berusia muda, yaitu bayi dan anak usia 14 tahun.

Spesialis Saraf

Dokter Spesialis Saraf merupakan spesialisasi di bidang kedokteran yang memiliki fokus pada otak dan sistem saraf. Gangguan neurologi sangat beragam bentuknya, banyak dari pasien yang menderita gangguan memori dan tidak mampu menjalani aktivitas sehari-hari secara normal.

Spesialis Kulit dan Kelamin

Dermatologi adalah salah satu cabang ilmu kedokteran yang fokus pada kulit dan penyakit-penyakit yang berkaitan dengan kulit itu sendiri. Sedangkan Venerologi adalah salah satu cabang ilmu kedokteran yang fokus pada penyakit menular seksual. Spesialis kulit dan kelamin menangani baik pasien anak-anak dan pasien dewasa dengan tipe penyakit yang berbeda-beda. Penyakit-penyakit yang ditangani oleh spesialis kulit dan kelamin diantaranya adalah penyakit kulit, mulut, rambut, kuku, kelenjar keringat, kelenjar minyak, genitalia externa, dan membran mukosa.

Spesialis Mata

Spesialis mata atau Oftalmologis merupakan dokter spesialis yang mengkhususkan diri dalam perawatan mata, bedah mata, dan sistem penglihatan. Dokter spesialis mata ini juga biasa memberikan saran terkait pencegahan terjadinya cedera dan penyakit yang bisa menimpa mata.

Spesialis THT-KL

Dokter Spesialis THT-KL adalah dokter yang khusus penanganan dan pengobatan penyakit telinga, hidung, tenggorok, serta kepala & leher.

Spesialis Paru

Spesialis Paru adalah dokter yang berfokus dalam menangani penyakit paru-paru misalnya asma, PPOK, dan TB paru.

Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi Medik

Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi dokter yang berfosuk pada ilmu kedokteran Fisik dan Rehabilitasi. Ilmu Fisik merupakan penggunaan modalitas fisika seperti cahaya, panas, dingin, air, listrik, pijat, manipulasi, latihan, dan alat-alat mekanik untuk tujuan diagnostik dan pengobatan. Sedangkan Ilmu Rehabilitasi merupakan penerapan ilmu kedokteran fisik dan teknik untuk membantu pasien mencapai fungsi maksimal guna meningkatkan penyesuaian dirinya secara fisik, mental, sosial, dan vokasional untuk mencapai kehidupan yang lengkap sesuai dengan kemampuan dan disabilitasnya. Dokter SpKFR seringkali disebut fisiatris (physiatrist) untuk membedakannya dengan terapis fisik (physical therapist).

Spesialis Kejiwaan

Dokter Spesialis Kejiwaan atau "Psikiater" adalah dokter spesialis yang merawat pasien dengan gangguan kesehatan kejiwaan. Peran mereka termasuk melakukan penilaian dan diagnosis, memeriksa kondisi kesehatan terkait, dan memberikan saran perawatan yang tepat, termasuk konseling, pengobatan, dan perubahan gaya hidup, atau perantaraan.

Spesialis Anestesi

Spesialis Anestesi merupakan dokter spesialis yang bertanggung jawab untuk memberikan anestesi kepada pasien yang hendak menjalani prosedur bedah atau operasi. Selain memastikan agar pasiennya mati rasa, dokter anestesi juga memantau manajemen rasa sakit dan perawatan intensif pasien.

Spesialis Radiologi

Spesialis Radiologi adalah dokter ahli dalam bidang imaging yang telah terlatih dalam mendapatkan dan menginterpretasi gambaran (imaging) dengan X-ray (rontgen, fluoroscopy, CT Scan), atau zat radioaktif dan penggunaan alat ultrasound (USG) serta magnetic resonance imaging (MRI). 

Spesialis Patologi Anatomi

Dokter Spesialis Patologi Anatomi adalah dokter yang bertugas untuk memeriksa seluruh tubuh dalam suatu proses otopsi, atau spesimen jaringan tubuh yang diambil melalui pembedahan. Bidang patologi ini digunakan untuk menentukan perubahan susunan anatomi, jejak kimiawi sel, dan penampilan sel.

Spesialis Patologi Klinik

Patologi klinik melakukan analis penting pada darah, sampel jaringan, dan urine, untuk memberikan banyak informasi penting mengenai masing-masing sampel, seperti analisa darah, urinalisa, dan sebagainya.

Spesialis Mikrobiologi Klinik

Mikrobiologi klinik adalah suatu cabang ilmu kedokteran medik yang memanfaatkan kompetensi di bidang kedokteran umum dan mikrobiologi kedokteran untuk bersama-sama klinisi melaksanakan tindakan surveilans (memantau distribusi penyakit), pencegahan dan pengobatan penyakit infeksi.

Spesialis Gizi Klinik

Spesialis Gizi Klinik adalah dokter yang berfokus dalam menentukan status gizi pasien, dan memberikan terapi gizi yang optimal untuk menunjang fungsi promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif dalam upaya peningkatan kualitas hidup pasien