HUBUNGAN MAKANAN MANIS DAN RADANG TENGGOROKAN

Salam Sehat,

Setelah makan makanan manis dengan kandungan gula yang tinggi, seperti permen atau coklat, banyak orang yang merasa tenggorokannya sakit. Benarkah makanan dan minuman manis dapat menyebabkan radang tenggorokan?

Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui jawabannya.

Apakah makanan manis dapat menyebabkan radang tenggorokan?

Sakit tenggorokan merupakan kondisi umum yang sering terjadi pada anak hingga orang dewasa. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh adanya infeksi virus atau luka di tenggorokan.

Mulai dari virus flu, infeksi bakteri, hingga lukan di bagian leher bisa menjadi penyebab sakit tenggorokan. Namun, ada beberapa orang yang percaya bahwa makanan manis pun termasuk salah satu penyebab radang.

Faktanya, konsumsi makanan atau minuman yang mengandung pemanis buatan memang dapat memicu radang tenggorokan. Kondisi ini mungkin akan sering terjadi jika Anda menderita GERD, alias asam lambung naik ke kerongkongan.

Seperti yang dilansir dari laman Oesophageal Patients Association, mengonsumsi makanan atau minuman bergula dalam jumlah yang sedikit tidak akan memengaruhi asam lambung.

Terlebih lagi jika makanan tersebut tidak mengandung pemanis buatan, seperti madu murni, selai, atau sirup maple.

Namun, konsumsi makanan dan minuman bergula tinggi secara berlebihan dan mengandung bahan pemicu asam lambung lainnya tentu memperburuk keadaan Anda. Misalnya, cokelat, makanan berlemak, buah citrus, dan minuman berkafein.

Hal ini mungkin juga dikarenakan gula yang terlalu banyak bisa meningkatkan risiko diabetes dan merusak saraf vagus. Saraf vagus merupakan saraf yang mengontrol otot pencernaan.

Akibatnya, waktu pengosongan perut akan tertunda yang dapat menyebabkan produksi asam lambung meningkat dan menyebabkan GERD.

Salah satu gejala GERD adalah sakit tenggorokan. Maka itu, secara tidak langsung makanan dan minuman manis bisa memicu radang tenggorokan melalui naiknya asam lambung.

Hubungan GERD dan radang tenggorokan

Efek makanan manis memang secara tidak langsung dapat menyebabkan radang tenggorokan melalui penyakit GERD.

Sakit tenggorokan akibat GERD disebabkan oleh asam lambung yang naik hingga menyentuh pita suara. Akibatnya, asam tersebut menyebabkan peradangan dan ketika terjadi berulang kali dapat membuat suara menjadi serak, batuk, atau merasa ada sesuatu yang menyangkut di tenggorokan.

Gejala ini lebih sering disebut sebagai refluks faring laring (LPR). Kondisi ini biasanya ditandai dengan penyakit pernapasan bagian atas. Hal ini bisa disebabkan oleh iritasi pita suara dari asam lambung yang dapat menyebabkan radang.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa makanan manis mungkin bisa menyebabkan sakit tenggorokan. Akan tetapi, efeknya tidak secara langsung.

Walaupun demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut apakah makanan dan minuman bergula tinggi memang bisa mengiritasi tenggorokan Anda.

Tips mengatasi radang tenggorokan akibat makanan manis

 

Salah satu cara mengatasi radang tenggorokan akibat makanan manis adalah mengurangi makanan dan minuman dengan kandungan gula tinggi.

Selain itu, pola makan yang baik dan menghindari makanan yang dapat memicu asam lambung dan sakit tenggorokan pun dapat membantu, seperti:

  • Lebih sering makan dalam porsi yang kecil dan teratur
  • Menjaga berat badan
  • Tidak makan dua jam sebelum tidur
  • Menghindari makanan yang asam, pedas, dan mengandung lemak tinggi
  • Mengelola stres dengan baik

Jika Anda merasa makanan manis dapat memicu naiknya asam lambung dan menyebabkan radang tenggorokan berulang kali, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Hal ini bertujuan agar Anda mendapatkan penanganan yang tepat dari tenaga medis profesional.

Sumber : Medical News Today