KUNJUNGAN EVALUASI PROGRAM CHALLENGE TB DARI USAID

Salam Sehat,

Indonesia merupakan negara kedua dengan penderita TB terbanyak. Sehingga pemerintah memberikan perhatian khusus dalam penanganan kasus TB. RS Kasih Ibu mendapatkan kepercayaan dari pemerintah dalam menangani kasus TB di daerah Surakarta dan sekitarnya. Sehingga pada Mei 2017 RS Kasih Ibu mendapat bantuan alat Tes Cepat Molekuler (TCM) dari USAID yaitu GeneXpert untuk mendeteksi penyakit TB dengan cepat.

Pada Selasa 17 Oktober 2017, RS Kasih Ibu mendapat kunjugan dari USAID (United States Agency for International Development) yang diwakilkan oleh Kaiser Shen M.D (Ahli Patologi Klinis) dan Soliman Guirgis M.D, MPH (Konsultan Populasi dan Kesehatan Masyarakat) terkait evaluasi program Challenge TB. Challenge TB adalah suatu proyek non-profit yang didanai oleh USAID yang bertujuan untuk mengurangi angka kematian & kesakitan TB di negara-negara dengan kasus TB tertinggi di dunia. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka monitoring pelaksanaan alat GeneXpert untuk mendeteksi penyakit TB dan jumlah kasus TB yang ditemukan selama penggunakan alat GeneXpert.

RS Kasih Ibu menerima pemeriksaan TCM rujukan dari fasilitas kesehatan primer di sekitar RS Kasih Ibu. Sampai saat ini RS Kasih Ibu dapat memeriksa 5 – 10 sampel per hari dan 70% sampel didapatkan dari luar.

Tim USAID mengapresiasi kinerja RS Kasih Ibu yang sangat baik dalam proyek Challenge TB dan sistem pelaporan kasus TB.

Mari bersama melawan TB!